Jakarta – Sekretaris Jendral (Sekjen) Kemenkumham, Bambang Rantam Sariwanto, menghadiri rapat untuk mempersiapkan peringatan Hari Dharma Karya Dhika Kementrian Hukum dan HAM RI Tahun 2020, yang dilaksanakan secara serentak di Kantor Unit Utama, seluruh Kantor Wilayah dan UPT mulai tanggal 19 Oktober – 6 November 2020.

Dalam sesi pembukaan rapat ini, Kepala Biro Kepegwaian, M. Hayat Henri menjelaskan bahwa desain dan tema logo HDKD tahun ini adalah burung merpati, karena burung merpati  tidak pernah ingkar janji  yang dimaksud kumham ingin menyampaikan kinerja yang semakin meningkat.

Selain itu Henri, menyampaikan kegiatan HDKD yang pertama yaitu, konferensi Ilmiah Internasional, yang dilaksanakan 26 – 27 Oktober di Hotel JS Luwansa, kegiatan Konferensi ini dilaksanakan oleh Balitbang.

Kemudian kegiatan selanjutnya adalah Kumham Peduli dan Kumham Berbagi, yang mana waktu pelaksanaanya 19 Oktober – 6 November, yang dilaknsanakan di lingkungan masyarakat Kemenkumham dengan cara membagi masker, hand sanitizer, dan vitamin.

Selanjutnya Gerakan Serentak basmi COVID-19 sesuai dengan pelaksananya pada 19 Oktober – 6 November, tempat pelaksanaannya di Gedung Utama, Kanwil, dan UPT dengan pemberian sosialisasi dan edukasi tentang 3M. lalu terdapat pelayanan publik secara online gratis dalam satu hari. Kemudian Lomba Kumham Online dan untuk puncak pelaksanaan diadakan upacara pada (27/10) di Geraha Pengayoman.

Pada kesempatan yang sama, Sekjen Kemenkumham menjelaskan memang menjadi bagian yang berbeda dari tahun – tahun sebelumnya. Berbeda dengan tahun lalu saat kegiatan HDKD dilakukan dengan semangat dan beberapa kegiatan secara langsung atau tatap muka, namun pada tahun 2020 ini harus menyesuaikan dengan situasi pandemi COVID-19.

Hari ulang tahun Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia tahun ini harus menyesuaikan dengan pandemi, oleh karena itu kegiatan ini dilaksanakan secara virtual “jadi teman -teman walaupun dengan kondisi saat ini, kita harus tetap semangat untuk memberikan kontribusi pada hari ulang tahun Kemenkumham dan melaksanakan aktivitas – aktivitas yang langsung bersentuhan dengan masyarakat”, kata Bambang Rantam.

“Selain itu tema HDKD tahun ini adalah Revolusi Digital, karena itu harus memanfaatkan teknologi informasi untuk merayakan HDKD 2020”, Ucap Bambang Rantam pada acara rapat mempersiapkan peringatan Hari Dharma Karya Dhika Kementrian Hukum dan HAM RI Tahun 2020 di Ruang Rapat Soepomo Gedung Kemenkumham, Selasa (20/10). (Aura, Foto: zq)

Sumber : www.kemenkumham.go.id
POLLING