KANTOR IMIGRASI KELAS I KHUSUS TPI NGURAH RAI MEMBUKA LAYANAN PENERBITAN E-PASSPORT

 


RABU (20/11/2019) Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai sudah dapat menerbitkan Paspor Elektronik (e-Passport). Lounching penerbitan paspor elektronik 48 halaman dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Badung, Kapolres Badung, Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT), Komandan Distrik Militer 1611 Badung, Kepala Kejaksaan Negeri Badung, serta Ketua Ombudsman RI Perwakilan Bali yang mencoba langsung permohonan E-Passport di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai.

“Dari segi kelengkapan data, e-paspor terbilang lebih lengkap dan akurat. E-paspor memiliki data biometrik yang mencakup sidik jari, juga bentuk wajah pemegang paspor yang tersimpan dalam chip dan bisa dikenali lewat pemindaian,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, Amran Aris.

Data biometrik dalam e-paspor sesuai dengan standar yang dikeluarkan International Civil Aviation Organization (ICAO) dan telah digunakan pada paspor berbagai negara lainnya, seperti Australia, Amerika Serikat, Malaysia, Inggris, Jepang, Selandia Baru, Swedia, dan negara lainnya.

Pemegang E-Passport dapat langsung menuju autogate untuk memindai E-Passport sehingga tidak perlu lagi mengantre di pintu pemeriksa imigrasi.

“Perbedaan biaya pembuatan itu karena adanya sistem chip di e-paspor. Penyimpanan e-paspor juga harus lebih seksama agar paspor tetap bisa digunakan,” jelas Amran Aris.

Salah satu negara yang menawarkan fasilitas bebas visa bagi pemegang e-paspor adalah Jepang.

Pembukaan layanan itusesuai dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Imigrasi tentang Perluasan Penerbitan Paspor Elektronik pada 18 (Delapan Belas) Kantor Imigrasi Tahun 2018, Nomor: IMI-0534.GR.01.01 Tahun 2018 tanggal 3 April 2018.

Warga yang sudah memiliki paspor, namun ingin mengganti ke e-paspor dapat mendatangi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai dan mengajukan penerbitan e-paspor.

POLLING