Jakarta - Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI (Sekjen Kemenkumham) Bambang Rantam Sariwanto membuka kegiatan lomba Cepat Tepat Daring Akuntansi Pemerintahan (CTDAP) di Ruang Soepomo Lantai 7 Gedung kemenkumham, Senin (19/10). Acara yang diprakarsai oleh Biro Keuangan Setjen Kemenkumham ini merupakan rangkaian dari HUT Dharma Karyadhika yang jatuh pada 31 Oktober 2020.

Dalam sambutannya, Bambang Rantam menyatakan bahwa, dengan adanya kegiatan Cepat Tepat Daring Akuntansi Pemerintah, diharapkan kegiatan ini dapat mewujudkan tata kelola keuangan dengan baik khususnya dilaporan keuangan yang berkualitas dan akuntabel. “Kita semakin yakin bahwa kita sudah mampu mengelola keuangan dengan baik dan akuntabel. Ini menjadi bagian yang sangat berarti bagi kita semua dalam memberikan kontribusi bagi Kemenkumham, itu sebabnya saya memberikan apresiasi yang luar biasa pada seluruh peserta.” Ucap Bambang Rantam.

“Mari terus kita menguatkan kontribusi kita agar jadi lebih baik untuk bisa mempertahankan prestasi Kemenkumham di hari kedepan. Semoga semuanya bisa menjaga dengan baik lomba ini dengan antusias yang luar biasa agar kegiatan daring yang kita lakukan ini bukan hanya formalitas, tapi betul-betul punya output yang berarti bagi pengembangan kapasitas dibidang pengelolaan keuangan.” Lanjut Bambang Rantam.

Sementara itu, Kepala Biro Keuangan Kemenkumham Wisnu Nugroho Dewanto mengatakan bahwa lomba ini merupakan upaya meningkatkan kapasitas diri dalam menyusun laporan keuangan. Melihat adanya pandemi Covid-19, sejak awal bulan Maret 2020, kegiatan Cepat Tepat Teknologi Akuntansi Pemerintahan tahun 2020 ini dilaksanakan secara daring dari tempat para masing-masing peserta, dengan harapan dapat membantu memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai bentuk pembinaan penyusunan laporan keuangan yang diberikan oleh Sekretariat Jenderal sebagai Koordinator penyusunan laporan keuangan Kementerian Hukum dan HAM kepada Unit Eselon I. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi para pejabat dan pegawai Biro Keuangan dalam menyusun laporan keuangan di lingkungan Kemenkumham, dan sebagai salah satu upaya Kemenkumham dalam menghasilkan laporan keuangan yang transparan dan berkualitas serta sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan.” Ujar Wisnu Nugroho.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 182 peserta, 19 orang untuk kategori Manajerial Unit Eselon I, 41 orang untuk kategori Manajerial Kantor Wilayah, 22 orang untuk kategori Pelaksana Unit Eselon I,  dan 100 orang untuk kategori Pelaksana Kantor Wilayah. Panitia di Lomba Cepat Tepat Teknologi Akuntansi Pemerintahan tahun 2020 ini adalah seluruh pejabat dan pegawai di bagian Akuntansi dan Keuangan Sekretariat Jenderal Kemenkumham.

Lomba ini dibagi menjadi 4 kategori, diantaranya; manajerial Unit Eselon I, Manajerial Kantor Wilayah, Pelaksana Unit Eselon I, dan Pelaksana Kantor Wilayah. Selanjutnya lomba dibagi menjadi 3 babak, diantaranya babak penyisihan yang dipimpin oleh semua peserta yang hadir, babak final yang dipimpin oleh 10 peserta yang lulus dari babak penyisihan, dan babak grand final yang dipimpin oleh 5 peserta yang lolos dari babak final. Dan dari babak grand final akan diambil 3 peserta dengan nilai tertinggi yaitu juara 1, juara 2, dan juara 3 dari setiap kategori. Waktu pelaksanaan dilakukan pada 19 Oktober 2020 untuk babak penyisihan, dan 20 Oktober 2020 untuk babak final dan grand final. (Davira, Nindy, Foto: Dudi)

Sumber : www.kemenkumham.go.id
POLLING