Jimbaran-Selasa, 10 Juli 2018, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Ngurah Rai telah menyelenggarakan kegiatan sosialisasi yang betemakan “Sosialisasi Pelaporan Orang Asing Tahap 2.” Kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan edukasi kepada pengelola penginapan bahwa pelaporan orang asing dilakukan melalui aplikasi berbasis android yang bernama “Aplikasi Pelaporan Orang Asing Next Generation” (APOA NG). Pembicara dari acara ini yaitu Kepala Seksi Pengawasan Direktorat Jenderal Imigrasi Wilayah 2 yaitu Bapak Raden Fitri Saptaji, S.P, dan Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Ngurah Rai, Bapak Rachmat

“Kegiatan ini sangat penting, karena di undang-undang tertuang jelas bahwa pemilik atau pengelola penginapan wajib melaporkan orang asing yang tinggal di tempat penginapannya,” Ungkap, Raden Fitri.

Selain sosialisasi, Kantor imigrasi juga memberikan pelatihan tentang penggunaan aplikasi  kepada pemilik atau pengelola penginapan. Acara sosialisasi ini diselenggarakan di aula Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Ngurah Rai dan dihadiri oleh pengelola penginapan di wilayah kerja Imigrasi Ngurah Rai, yang pada kesempatan ini terdiri dari villa-villa.

Menurut salah satu pengelola penginapan, Bapak Niko mengatakan “Kegiatan ini sangat baik karena pendataan orang asing sangat diperlukan untuk menghindari tindakan kriminal yang mungkin terjadi”.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para pemilik atau pengelola penginapan dapat melaksakan pelaporan dengan lebih mudah dan orang asing dapat dipantau keberadaanya oleh Imigrasi.

POLLING