Kartu Perjalanan Pebisnis APEC

Asia Pacific Economic Cooperation yang selanjutnya disingkat dan disebut dengan APEC, adalah organisasi Negara-negara Asia Pasifik yang didirikan di Canberra pada bulan November 1989 bertujuan membangun kerja sama ekonomi.

UMUM

           Saat ini APEC memiliki 21 (dua puluh satu ) anggota ekonomi yaitu : Australia, Brunai Darussalam, Kanada, Chili, Cina, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Papua Nugini, Peru, Philipina, Rusia, Singapura, Taiwan, Thailand, Amerika Serikat, Vietnam, Indonesia, Hong Kong, Jepang dan Korea selatan.

               Meningkatnya kegiatan Perjalanan para pebisnis dalam bidang perdagangan dan investasi negara-negara anggota APEC dengan mobilitas tinggi memerlukan efisiensi waktu dalam melakukan kegiatan tersebut oleh karenanya sangat membutuhkan  kemudahan dalam proses Keimigrasian, berdasarkan pertimbangan tersebut timbul kesepakatan dan rekomendasi forum APEC untuk memberikan kemudahan kegiatan lalulintas Keimigrasian bagi pebisnis negara-negara anggota APEC dalam  Skema Kartu Perjalanan Pebisnis APEC (APEC BUSINESS TRAVEL CARD / ABTC)

          Selanjutnya guna mengokomodir para Pebisnis maka pada tanggal 15 Agustus 2002 di Acapulco Mexico, Indonesia telah menandatangani keikutsertaan dalam skema Kartu Perjalanan Pebisnis APEC, dan pelaksanaan pemberian KPP APEC sudah dimulai sejak 01 Mei 2004.

          APEC BUSINESS TRAVEL CARD yang selanjutnya disingkat dan disebut dengan ABTC adalah Kartu Perjalanan Pebisnis yang berlaku di negara-negara anggota APECyang menerapkan skema KPP APEC sebanyak 19 negara anggota. Tujuannya adalah mempercepat proses keluar masuk ke sebuah negara bagi para pemegangnya, yakni para pelaku bisnis yang sangat mementingkan waktu, karena dengan ABTC pebisnis tidak perlu lagi mengajukan permohonan visa setiap kali ingin bepergian ke negara-negara partisipan ABTC serta mendapat fasilitas pelayanan di bandara dengan jalur khusus.

DAFTAR NEGARA
No. NEGARA BANDARA LAMA TINGGAL
1. AUSTRALIA ADELAIDE, BRISBANE, CAIRNS, DARWIN, SYDNEY, MELBOURNE, PERTH 90 HARI
2. BRUNEI DARUSALAM BRUNEI INTERNATIONAL AIRPORT 90 HARI
3. CHILI SANTIAGO INTERNATIONAL AIRPORT 90 HARI
4. CINA BEIJING INTERNATIONAL AIRPORT, PUDONG INTERNATIONAL AIRPORT (SHANGHAI) 60 HARI
5. HONG KONG HONGKONG INTERNATIONAL AIRPORT 60 HARI
6. INDONESIA

JALUR KHUSUS:

  • SOEKARNO-HATTA, JAKARTA;
  • NGURAH RAI, BALI;
  • KUALANAMU, MEDAN;
  • JUANDA, SURABAYA;
  • BATAM CENTER, BATAM

TANPA JALUR KHUSUS:

BANDAR UDARA

  • SULTAN SYARIF KASIM II, PEKANBARU
  •  HANG NADIM, BATAM  
  •  MINANGKABAU, PADANG               
  •  SAM RATULANGI, MANADO
  •  HALIM PERDANAKUSUMA, JAKARTA
  •  ADI SUCIPTO, YOGYAKARTA
  •  SELAPARANG, MATARAM
  •  SEPINGGAN, BALIKPAPAN
  •  HASANUDDIN, MAKASAR
  •  EL TARI, KUPANG
  •  ADI SUMARMO, SURAKARTA
  •  AHMAD YANI, SEMARANG;
  •  HUSEIN SASTRANEGARA, BANDUNG

PELABUHAN LAUT

  • BATAM :

SEKUPANG, BATU AMPAR, NONGSA,MARINA,TELUK SENIMBA.

  • MEDAN :

BELAWAN.

  • TANJUNG UBAN:

BANDAR BINTAN TELANI, LAGOI, BANDAR SRI UDANA LOBAM

  • TANJUNG PINANG :

SRI BINTAN PURA

  • DUMAI :

YOS SUDARSO

60 HARI
7. JEPANG NEW TOKYO (NARITA), KANSAI (OSAKA), CENTRAL  JAPAN (CENTAIR, NAGOYA) 60 HARI
8. KOREA SELATAN INCHEON (SEOUL) 90 HARI
9. MALAYSIA KUALA LUMPUR 60 HARI
10. MEKSIKO 90 HARI
11. SELANDIA BARU AUCKLAND, CHRISTCHUCH, WELINGTON 90 HARI
12. PAPUA NUGINI JACKSON       HARI
13. PERU JORGE CHAVEZ 90 HARI
14. PHILIPINA NINOY AQUINO (MANILA) 59 HARI
15. SINGAPURA CHANGI (SINGAPORE) 60 HARI
16. TAIWAN CHIANG KAI SHEK (TAIPEI), KAOHSIUNG 90 HARI
17. THAILAND BANGKOK, PHUKET, CHIANG MAI 90 HARI
18. VIETNAM NOI BAI (HANOI), TAN SON NHAT (HO CHI MINH CITY 60 HARI
19. RUSIA  mulai bergabung bulan Agustus 2012 dan Efektif berjalan bulan : Agustus 2013
PERSYARATAN
KHUSUS
  1. Pebisnis bonafide dengan jabatan setara direksi ke atas yang memimpin perusahaan (dibuktikan dengan melampirkan fotokopi akta pendirian perusahaan untuk verifikasi dokumen).
  2. Perusahan harus setara Perseroan Terbatas (PT), bukan CV, UD dan lain sebagainya (dibuktikan dengan melampirkan fotokopi Surat Izin Usaha Perusahaan (SIUP) untuk verifikasi dokumen).
UMUM

Persyaratan pengajuan ABTC baik Baru /Perpanjangan antara lain:

  1. Formulir permohonan (unduh formulir
  2. Surat permohonan dari perusahaan (ditujukan ke Direktur Lalu Lintas Keimigrasian Up. Kasubdit Visa)
  3. Surat rekomendasi dari asosiasi pengusaha/ profesi (dalam bentuk surat rekomendasi kepada yang bersangkutan, bukan kartu atau tanda anggota asosiasi tertentu)
  4. Surat Referensi Bank dengan keterangan saldo 3 bulan terakhir min Rp.500.000.000,- (rekening pribadi perorangan, bukan rek. perusahaan/rek suami-istri atau orangtua-anak)
  5. Fotokopi Paspor minimal masa berlaku 2 tahun
  6. Bukti perjalanan bisnis selama 6 bulan terakhir (fotokopi paspor 6 bulan terakhir, perjalanan bisnis minimal 3 kali)
  7. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) (surat keterangan kelakuan baik minimal dikeluarkan oleh Polres/Polda)
  8. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (pekerjaan pada KTP harus representatif dengan bisnis, seperti wiraswasta atau karyawan swasta)
  9. ABTC lama (bagi penggantian) (jika kartu lama hilang, lampirkan surat ket. hilang dari kepolisian min. dari Polres)
  10. Pasfoto terbaru ukuran 3×4 berwarna 2 lembar (latar merah, pakaian formal dan kualitas foto standar studio)
  11. Membayar biaya keimigrasian Rp.2.500.000,- (jika kartu lama hilang/rusak masih berlaku, biaya keimigrasian Rp.3.500.000,-)
  12. Melampirkan tanda tangan dengan menggunakan spidol besar khusus whiteboard untuk diupload ke sistem.
  13. Melampirkan surat tugas dan tanda pengenal dari perusahaan bagi yang mewakili pengurusan ABTC

 

Bagi pemohon yang berdomisili di luar wilayah Indonesia, persyaratan tambahannya antara lain:

  1. Fotokopi bukti domisili negara setempat;
  2. Untuk surat rekomendasi asosiasi, surat ref. bank dan surat keterangan catatan kepolisian harus dikeluarkan oleh negara dimana pemohon bermukim;
  3. Persyaratan poin 2 di legalisir di Kedutaan besar RI di negara pemohon bermukim.

 

Persyaratan cetak ulang kartu karena hilang/rusak:

  • Surat permohonan (ditujukan ke Direktur Lalu Lintas Keimigrasian)
  • Surat keterangan kehilangan dari kepolisian (bagi kartu hilang)
  • Kartu lama (bagi yang rusak)
  • Fotokopi paspor
  • Tanda tangan pemohon dengan spidol besar
  • Surat Kuasa
  • Biaya Rp.3.500.000

Estimasi Proses 1-2  bulan

Pemohon akan dijadwalkan hadir untuk pembuatan Berita Acara Pemeriksaan

 

Persyaratan cetak ulang kartu karena penggantian paspor/penambahan negara:

  • Surat Permohonan Cetak Ulang Kartu ABTC (ditujukan ke Direktur Lalu Lintas Keimigrasian up. Kasubdit Visa)
  • Kartu lama
  • Fotokopi paspor baru
  • Tanda tangan pemohon dengan spidol besar
  • Surat Kuasa
  • Biaya Rp.2.500.000

Estimasi Proses 1-2 bulan

BIAYA

1. Membayar biaya keimigrasian sebesar Rp. 2.500.000,- (dua juta rupiah)

2. jika kartu hilang atau rusak dan kartu masih berlaku maka biaya keimigrasian yang harus dibayarkan sebesar Rp. 3.500.000,- (tiga juta lima ratus ribu rupiah)

TEMPAT PENGAJUAN ABTC

Permohonan pengajuan ABTC dilakukan secara manual, dengan melengkapi dokumen persyaratan sesuai yang ditentukan, diajukan ke counter Pelayanan ABTC pada Sub Direktorat Visa Direktorat Lalu Lintas Keimigrasian Lantai 1 Gedung Direktorat Jenderal Imigrasi Jl. H.R. Rasuna Said Blok. X-6 Kav. 8 Kuningan Jakarta Selatan 

email : abtc@imigrasi.go.id

WAKTU PENYELESAIAN

Proses ABTC sekitar 6 bulan atau lebih. Lama proses tergantung dari pemberian persetujuan (approval) 18 negara anggota ABTC lainya.

MASA BERLAKU

Masa berlaku ABTC sejak September 2015 adalah 5 tahun dan tidak melebihi masa berlaku paspor.Masa berlaku ABTC sejak September 2015 adalah 5 tahun dan tidak melebihi masa berlaku paspor.

WAKTU PELAYANAN

Permohonan Pengajuan ABTC dapat diajukan dan dilayanani pada hari senin s/d kamis pukul 09.00 s/d 12.00 wib dan hari Jum’at pukul 09.00 s/d 11.30 WIB